photo's blog

photo's blog
"ada kehidupan di setiap sudut dunia, walau itu kecil"

Minggu, 15 Agustus 2010

Public transportation in Seoul (Bus edition)

Public transportation in Seoul (Bus edition)

Seoul, memiliki akses kemanapun dengan mudah. Ada berbagai alat transportasi yang bisa anda pilih untuk membantu anda menncapai tempat tujuan anda. Jalan kaki , Subway (jihacheol), taxi -jika anda memiliki budget yang mumpuni-, atau dengan bus. Subway dan bus adalah dua alat transportasi yang saya sukai. Subway akan saya bahas di lain posting yang akan datang. Kali ini saya akan membahas bus.
Semenjak tahun 2004, pemerintah Korea mulai membenahi sistem transportasi bus di Seoul. Bus-bus tersebut dibagi menjadi 4 warna. Warna-warna tersebut ngejreng dan mempermudah anda memilih bis yang menuju tempat yang anda tuju. Setiap warna memiliki fungsi dan tempat pemberhentiannya sendiri-sendiri.
bus_blue
Bis biru
Bus warna biru, seperti yang anda liat di gambar, di badan bus terdapat huruf B besar yang menandakan ‘Blue Bus’. Bus warna biru ini melewati jalan jalan protokol dan menghubungkan kota Seoul dengan kota-kota satelit Seoul. Bus biru memiliki 3 digit angka (misalnya: 141)
bus_green
Bis Hijau
Bus warna hijau, biasanya ditemukan ketika anda keluar dari pintu keluar stasiun subway. Bus-bus ini berderet (di Indonesia dikenal dengan istilah Nge-tem). Bus ini mnghubungkan anda dari stasiun subway dengan jalan-jalan yang dilalui bus utama, misalnya rute yang dilalui bus biru atau rute rute yang dilalui bus pedesaan) Mudah dikenali dengan warna birunya dan huruf G -yang merepresntasikan Green Bus- di bada bus.

Halte bus (Beoseu Jeongnyujang) untuk bus hijau
Halte bus (Beoseu Jeongnyujang) untuk bus hijau

bus_red
Bis Merah
melewati daerah utama juga. Seperti Gangnam, Yeong,deungpo,dll. Bis ini juga melewati kota metropolitan seperti Ilsan, Bundang, Uijeongbu,) Bus ini memiliki huruf R di badan bus, sebagai lambang Red BUs. Bus ini juga memiliki 4 digit angka.
bus_yellow
Bis Kuning
Bus ini hanya melintasi daerah-daerah sekeliling kota-kota metropolitan tanpa melewati ‘blusuk-blusukannya’. bus ini juga memiliki huruf yang merepresntasikan Yellow Bus. ANgka yang dipasang di bus ini hanya 2 digit.
ini bus-nya
ini bus-nya
dari pintu masuk ke tempat supir,,wuihhh ribett yahh
dari pintu masuk ke tempat supir,,wuihhh ribett yahh
tempat duduknya penumpang ada yang sendirian, ada yang dua-duaan, ada yang berderet seperti bus di Indonesia
tempat duduknya penumpang ada yang sendirian, ada yang dua-duaan, ada yang berderet seperti bus di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman